Langsung ke konten utama

Palembang Journey

Palembang 08-10 April 2015


Yipppiy, perdin pesanan kali ini sakses. Very excited in this journey, ahaaay. This is my first i go to outside Java island, yes Sumatera, exactly in South Sumatera, Palembang and the first for flight.
Tujuan perdin kali ini adalah menuju Bagian Hukum Pemprov Sumsel dan Komisi Informasi Sumsel.
 
Hari pertama
Berangkat langsung dari rumah ketemu pak ananta dan mba chanif di Soetta airport terminal 2F. Kami terbang jam 9.40 dengan Garuda airlines. Baru sebentar rasanya menikmati diatas awan mengagumi indahnya alam dari ketinggian, eh ternyata 50 menit udah sampe di tujuan, Sultan Mahmud Badaruddin II Airport.

Dari airport ke hotel butuh waktu sekitar 45 menit dengan taxi untuk sampai ke hotel Emilia yang letaknya tepat di tengah kota, Jl Letkol Sudirman persis di belakang PIM (Palembang Indah Mall). Berhubung belum bisa check-in hotel, karena ada kamar kososng baru di jam 2, kemudian sambil nunggu bisa chek-in kami cari makan siang keluar, lapar melanda ga kuat, yasudahlah adanya tempat makan yang deket dari situ yang meyakinkan ya Rumah Makan Padang Pagi Sore, habis makan menuju sentra jual kain songket Palembang yang ternyata deket juga dari hotel. Puter sana sini tanpa beli songketnya sampai kira-kira jam 2 kami balik lagi ke hotel untuk check-in dan istirahat. And then, sorean sayang juga disini cuma stay di kamar,  keluar lagi cuma sekedar pengen cari jajan, muterin sekitar dan mampir ke mall depan hotel persis.
Di Palembang ini banyak mall ternyata, tapi entah karena orangnya yang ga pada terlalu hedon untuk nge-mall atau karena ini hari kerja atau emang kebenerannya aja pas ke mall lagi sepi gitu. Mallnya gede, tapi sepi, yaaa bandingin ama mall Jakarta dan sekitarnya sih yaa. Entahlah.
Malamnya, makan malam dengan menu khas Palembang, pindang patin, brengkes patin, pempek segala jenis dan minum es kacang merah.

Hari Kedua,
Ini hari kerja, tujuan hari ini adalah ke kantor Komisi Informasi yang alamat di webnya ada di Jalan Hokkey setelah muter-muter dan nanya ke penduduk sekitar ternyata udah pindah ke Sekip Ujung. Di kantor ini kami benar-benar datang for the real perdin, untuk tujuan kerja, ya tugas kerja, hahha, cari informasi tentang sengketa infomasi disini.
Setelah dari kantor itu makan siang, dan apaaa, yap pempek panggang menu makan kali ini, belum juga sakit perut semalam beres akibat bumbu pempek yang begitu pedas menurutku, bikin kepala kleyengan dan perut bereaksi tidak wajar, tapi juga pengen nyobain makanan khas sini yang berbeda, yang di jakarta ga ada kayak ginian, yaudahlah hajarr.
Beres makan itu, we went to Amperaaaa, berhubung taxi yang lumayan langka untuk nemu di jalanan, angkot lah armada termudah. Cukup dengan sekali angkot dari Sekip ke Ampera, angkot warna kuning dengan tujuan Sekip-Ampera. Angkot disini beda dengan angkot biasanya, biasanya angkot itu duduk hadapan, 4/6, tapi ini macam mobil pribadi yang ada 2 pintu, 3/3/3.

Bangunan merah yang terletak dipinggiran Sungai Musi ini kita akan menemukan beberapa tempat wisata di Palembang City.
depannya Sungai Musi dan Jembatan Ampera,
sebelah kanannya Benteng Kuto Besak, 
sebelah kirinya Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) SumBagSel dan Monumen Kerajaan Sriwijaya,


Masjid Agung Sultan Badaruddin II bangunan dan arsitektur ruangan dalamnya pun keren banget, dapet banget nuansa kerajaan gitu.

   

      

Ampera Bridge te icon of Palembang City

  
 Sungai Musi dan Pulau Kemaro  
    
 perkampungan di pinggiran sungai musi
 
pagoda
                    
sejarah pulau kemaro
                                                                                  
Hari Ketiga

Its time for really holiday, my trip my adventure laah.
Masjid Cheng Ho, masjid ini letaknya ternyata ada di dalam perumahan gitu, di wilayah Jakabaring, depan tepat gang sebrang pintu masuk stadion Jakabaring. Jalan dari hotel menuju tempat ini cari gampang ya dengan taxi sampai depan masjid sekitar 35 ribu rupiah. Berdasarkan beberapa referensi tempat wisata di Kota Palembang ini salah satu tempat tujuan wisata ya masjid ini, dikira bakal minimal kayak Pulau Kemaro yang rame juga dengan wisatawan, tapi ternyata sampai sana entah kepagian atau emang lagi sepi yaa kayak masjid pada umumnya aja gitu, sepi. Arsitekturnya keren, bangunannya cina, mirip klenteng, tapi masjid, yaa gitu lah.

tampak gerbang
kamar mandi
tampak samping

Stadion Gelora Sriwijaya
Jalan dari masjid Cheng Ho ke sini cukup dengan jalan kaki kira-kira kurang dari 20 menit laah.

Sampai lah kami disini.

Panas terik matahari luar biasa siang itu, ga tau juga mau ngapain disana, mau masuk gelora ya ngapain, palingan sama aja kali ama GBK, ga ada acara juga, ah males, yaudah foto-foto didepan aja, and caw !




  
MONPERA (Monumen Perjuangan Rakyat) Sumatera Bagian Selatan

monpera
sebelum nyamperin ini tempat hasil googling-googling nemu tempat ini sebagai tempat wisata, ada salahsatu blog yang bilang kepanjangan dari MONPERA itu Monumen Penderitaan Rakyat, ya tanpa banyak sangkal dikira iya kirain bener gitu. Terusik juga sih sama kepanjangannya, jadi pengen tau langsung, pengen cari tau kenapa namanya begitu, apa isinya apa sejarahnya. Ternyataa...
      
Benteng Kuto Besak


Benteng Kuto Besak, yaudah gini doang ternyata, benteng macam pagar, pagar nya RS AD disana gitu, kosong...kosong... ya kosong.... yaudah gitu doang. Ahahaha
                                               
Jam 3 kembali ke hotel ambil barang dan cus ke bandara, dan pulaaang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Autokrasi Modern

Negara ini sering disebut Negara dengan sistem satu partai atau berpartai tunggal. Negara autokrasi dalam pengertiannya secara asli atau kuno praktis dewasa ini dapat dikatakan sudah tidak ada. Negara Autokrasi dalam bentuk murni sebetulnya hanya ditemukan pada jaman kuno dan berarti bahwa didalam Negara itu Kekuasaan pemerintahnya hanya dipegang atau dijalankan oleh satu orang tunggal saja. Yang disebut autokrasi modern inipun sifatnya agak samar-samar sehingga sepintas dari segi luarnya seakan-akan demokrasi modern. Tujuan akhir Negara Autokrasi Modern adalah menghimpun kekuasaan sebesar mungkin pada tangan Negara. Auto berarti sendiri, kratos atau kratein berarti kekuasaan. Pada jaman modern seperti sekarang ini kiranya sudah tidak ada lagi Negara autokrasi yang sifatnya masih murni seperti pada jaman kuno.karena pada jaman modern Negara autokrasi tersebut disamping seorang tunggal yang memegang pemerintahan Negara itu didapati adanya sebuah badan perwakilan yang mendamping

Jempol Cinta

dapet jempol nih dari Taqi Halo Taqiiii hari ini untuk yang ke-4 kali ke dokter dan ke rumah sakit yang berbeda pertama ke Bidan Rodiah kedua ke dr.Tri Yuniarti di RS IMC ketiga ke puskesmas keempat kali ini ke BWCC dr. Nadia Shafira BWCC sedeket ini dari rumah sering juga denger orang pada periksa kandungan kesitu tapi tetep aja ga ngeh setelah kepo lebih banyak soal tempat periksa yang asik dan deket ternyata baru ngeh si BWCC ini Dokternya ga pilih-pilih sih siapa aja lah namanya yang penting dia cewek dan praktek di after office hour Alhamdulillah yaa hal-hal yang di watirin kemarin-kemarin itu sirna sudah setelah ngeliat si baby ternyata masih ada tumbuh dan bergerak Alhamdulillah malah sempet ada adegan si baby ngasih jempol segala aaaaak, haruuu pengennya udah pengen kepo jenis kelaminnya nih tapi si baby nya masih ngumpetin aja dianya ngelipet paha terus jadi nutupin selangkangan jadi ga keliatan deh bagian itunya ah gapapa, yang penting normal, s

Papandayan Ceria (1)

Kekhawatiran membuluk bulan ini nekad dihajar jalan Jkt-Garut sendirian demi papandayan yang diidamkan. Fix ngga rencana ini jadi action itu pagi sebelum sore berangkat. Watir sih, rencana dadakan buat ngisi tanggal merah di hari Jumat ini sayang banget rasanya klo dilewatin tanpa menikmati alam Indonesia ini. perlengkapan yang seadanya Jumat, 03 April 2015 Jam 13.30 dari rumah menuju Pasar Jumat mencari bus jurusan Garut dengan segala kemacetan dan muter gegara ngangkot dan Alhamdulillah langsung dapet bus nya dan langsung berangkat di jam 14.30. Ya, masih sendiri tiada yang menemani. Ooouooo~ Sampailah di terminal Guntur Garut kira-kira jam 20.30an tanpa berlama-lama ketemu tim dari Bandung yang juga belum lama sampe dan kumpul di mushola deket terminal. Ajeng, Neneng, Aza, Utis dan Kang Hilman urang Garut. Sampe, sholat dan menunggu tanpa makan malam jam 11an kami langsung naik angkot charteran menuju Cisurupan. Dari tempat nunggu tadi dapet kenala