Langsung ke konten utama

inspirasi

Ada aja ya cara orang untuk menginsipirasi
Dari pembahasannnya, dari pengalamannya, dari tutur katanya

selalu suka kalo Pak Bams ceramah, cerita, ngasih materi, apapun itu. 
apa yang keluar dari kata-katanya rasanya penting untuk di noted
insiprasi luar dalam

kali ini, di kegiatan rutin di kantor ini setiap hari Senin pagi sebelum memulai aktivitas di meja kerja, Doa Pagi, setelah penyampaian laporan setiap bagian kerja, biasanya ada arahan dari Direksi, kali ini yang ngisi Pak Bams.

begini kira-kira isinya yang bisa saya tangkap dan ingat untuk dituliskan lagi disini, tentunya dengan bahasa yang sudaha saya buat-buat lagi :

Kalian tahu apa yang membuat saya bisa semangat bangun pagi dan bergegas untuk kembali bekerja?
disaat orang-orang masih ngusel di pagi hari dengan segala kenyamanan kasur dan enggan beranjak, ada satu hal yang membuat saya semangat kerja. "ingat mustahik"
Kita bekerja dengan niat mulia untuk membantu negara untuk menyejahterakan masyarakat, membantu mustahik, betapa bahagianya melihat para mustahik bahagia karena ada camputr tangan kita dalam memberikan kebahagian didalamnya.
ingat mustahik. Hal-hal seperti itu lah yang seharusnya bisa membangunkan kita dari tidur panjang kita.

Kemudian beliau menceritakan pengalamannya saat ada perjalanan dinas ke Lombok.
Saat itu beliau menginap di hotel tepat yang didepannya adalah pemandangan pantai, bisa liatin laut luas dengan jelas dari hotelnya, bagus dan rada mahal. Saat beliau sedang hunting foto pagi gelap-gelap, beliau nemuin satu orang pedagang kaos yang sudah cukup sepuh, dan ternyata pedagang itu adalah kepala desa di desa tempat hotel itu berada. Uwow, seorang kepala desa yang pastinya punya nama dan dikenal orang di kampungnya juga tanpa malu untk turun dagang disitu.
Ceritanya Pak Bams yang punya 2 tiket makan untuk di hotel ini ngajak si bapak tadi untuk kut ke hotelnya dan makan di resto hotelnya, tapi didepan hotel si bapak ini di jegal sama satpam dan karyawan hotel, kaarena alasan penduduk lokal tidak boleh masuk hotel karna khawatir akan mengganggu kenyamanan tamu hotel lainnya. Setelah lobi-lobi akhirnya si bapak itu bisa masuk karena ajakan si tamu yang kekeuh pengen ngajak si bapak ini masuk. Dari situ mereka banyak ngobrol, tentang hidup si bapaknya, tentang daerah situ, dan perntanyaan-pertanyaan susah yang nanyai penduduk dapet apa dari tempat yang udah jadi tempat wisata ini? Jawabnya ga ada, selain cuma bisa dagang yang itu pn ramenya musiman. Hotel punya India, barang dagangan punya China. Ah, miris.Orang lokal ya cuma jadi kacung pemilik modal dari orang-orang luar memang.
Beliau langsung kepikiran kenapa ga Program Pemberdayaan sampe sini, bantu masyarakat lokal untuk misalnya bikin pusat-oleh sendiri, dilatih, didampingi, biar berdaya, ga cuma nguntungin si China.

Tidak pernah ada pendampingan apapun dari pemerintah daerah setempat untuk memberdayakan masyarakat lokal katanya. Pasrah aja gitu sama orang-orang asing itu. Sedih.
Sebenernya mereka hanya butuh pendampingan, teman, tidak hanya sekedar bantuan kasih duit kemudian menghilang. Kapan berdaya nya.  

coba ya, cerita pengalamannya mungkin akan berbeda antara beliau yang pergi sama kalo si gue yang pergi. Beliau cerita begitu banyak manfaat yang bisa di ambil dari sekedar obrolannya dengan penduduk setempat, yang kemudian itu bisa jadi rencana strategis lembaga, langsung ambil keputusan, and action. Yaiyalah secara pengambil keputusan bayangannya pun pasti sudah lebih luas soal rencana-rencana strategis yang mungkin kalo kita yang nemuin cuma bisa jadi bayangan semata. Kalo si gue udah ke tempat begitu, yaaa bisa share pengalaman tentang serunya tempat-tempat bagus disana, jalan-jalan kemana aja, share foto yang bikin mupeng orang-orang, hha.

banyak yang jungkir balik hanya untuk dirinya sendiri
kita, kita jungkir balik tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, tapi untuk orang lain juga 

Penutup :
Semoga yang malas bisa jadi tambah semangat
Semoga yang suka telat bisa jadi kerja cepat
Semoga yang belum berjodoh segera ditemukan jodohnya agar ada yang mendoakan #eh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Autokrasi Modern

Negara ini sering disebut Negara dengan sistem satu partai atau berpartai tunggal. Negara autokrasi dalam pengertiannya secara asli atau kuno praktis dewasa ini dapat dikatakan sudah tidak ada. Negara Autokrasi dalam bentuk murni sebetulnya hanya ditemukan pada jaman kuno dan berarti bahwa didalam Negara itu Kekuasaan pemerintahnya hanya dipegang atau dijalankan oleh satu orang tunggal saja. Yang disebut autokrasi modern inipun sifatnya agak samar-samar sehingga sepintas dari segi luarnya seakan-akan demokrasi modern. Tujuan akhir Negara Autokrasi Modern adalah menghimpun kekuasaan sebesar mungkin pada tangan Negara. Auto berarti sendiri, kratos atau kratein berarti kekuasaan. Pada jaman modern seperti sekarang ini kiranya sudah tidak ada lagi Negara autokrasi yang sifatnya masih murni seperti pada jaman kuno.karena pada jaman modern Negara autokrasi tersebut disamping seorang tunggal yang memegang pemerintahan Negara itu didapati adanya sebuah badan perwakilan yang mendamping

Jempol Cinta

dapet jempol nih dari Taqi Halo Taqiiii hari ini untuk yang ke-4 kali ke dokter dan ke rumah sakit yang berbeda pertama ke Bidan Rodiah kedua ke dr.Tri Yuniarti di RS IMC ketiga ke puskesmas keempat kali ini ke BWCC dr. Nadia Shafira BWCC sedeket ini dari rumah sering juga denger orang pada periksa kandungan kesitu tapi tetep aja ga ngeh setelah kepo lebih banyak soal tempat periksa yang asik dan deket ternyata baru ngeh si BWCC ini Dokternya ga pilih-pilih sih siapa aja lah namanya yang penting dia cewek dan praktek di after office hour Alhamdulillah yaa hal-hal yang di watirin kemarin-kemarin itu sirna sudah setelah ngeliat si baby ternyata masih ada tumbuh dan bergerak Alhamdulillah malah sempet ada adegan si baby ngasih jempol segala aaaaak, haruuu pengennya udah pengen kepo jenis kelaminnya nih tapi si baby nya masih ngumpetin aja dianya ngelipet paha terus jadi nutupin selangkangan jadi ga keliatan deh bagian itunya ah gapapa, yang penting normal, s

Papandayan Ceria (1)

Kekhawatiran membuluk bulan ini nekad dihajar jalan Jkt-Garut sendirian demi papandayan yang diidamkan. Fix ngga rencana ini jadi action itu pagi sebelum sore berangkat. Watir sih, rencana dadakan buat ngisi tanggal merah di hari Jumat ini sayang banget rasanya klo dilewatin tanpa menikmati alam Indonesia ini. perlengkapan yang seadanya Jumat, 03 April 2015 Jam 13.30 dari rumah menuju Pasar Jumat mencari bus jurusan Garut dengan segala kemacetan dan muter gegara ngangkot dan Alhamdulillah langsung dapet bus nya dan langsung berangkat di jam 14.30. Ya, masih sendiri tiada yang menemani. Ooouooo~ Sampailah di terminal Guntur Garut kira-kira jam 20.30an tanpa berlama-lama ketemu tim dari Bandung yang juga belum lama sampe dan kumpul di mushola deket terminal. Ajeng, Neneng, Aza, Utis dan Kang Hilman urang Garut. Sampe, sholat dan menunggu tanpa makan malam jam 11an kami langsung naik angkot charteran menuju Cisurupan. Dari tempat nunggu tadi dapet kenala