Langsung ke konten utama

Summit Gn.Puntang


Puncak Mega, Gunung Puntang
Tak sulit mendapatkan mu
Tak perlu lama-lama
Tak perlu banyak tenaga
Ini terasa mudah
-Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Tulus-

kalo aja naik gunung itu semudah nyanyiin lagu itu.

Gunung Puntang ini berada di kawasan Cimaung Banjaran, sekitar 17 km dari Kota Bandung. Untuk menuju kawasan ini, dari Kota Bandung Anda bisa menuju jalur Soreang atau jalur Banjaran. Tapi yang paling populer adalah jalur Banjaran karena terasa lebih dekat. Tapi, biasanya daerah Banjaran ini cukup macet apalagi di hari libur dan akhir pekan. http://sebandung.com/2014/06/gunung-puntang-bandung/

Sabtu-Ahad, 25-26 Oktober 2014

bawaan camp kali ini
Janjian sama Teh Anney di Masjid Agung Cimahi, menunggu yang janjian dari jam 1 sampe jam 3 dia baru sampe, si aku sampe udah jalan-jalan ke alun-alun, muter-muterin pasar , makan siang, jajan segala macem, dan setengah 3 dia baru sampe. Oke fix, dan ketemu dan berhubung baru pulang kuliah, dia mesti balik rumah dulu ambil perlengkapan dan balikin motor. Dan di jam setengah 4 kami baru beneran caw dari Cimahi menuju tempat tujuan. Si aku yang aslinya ga ngebayangin sebenernya ke Banjaran dan Pangalengan dari Cimahi itu seberapa jauhnya, dengan tenang aja gitu bawa motor ngikutin arahan teh Anney yang maunya cuma dibonceng ga mau bawa motor. Taunya ya, setelah setengah jam, satu jam, satu setengah jam why oh why ini ga sampe-sampe. Kami lewat jalur Soreang, ternyata ada perbaikan jalan di sepanjang jalan Soreang itu, jadi aja buka tutup jalur, dan macet dan lama dan udah sore dan yang lain udah pada sampe dan mereka cuma nungguin kami berdua.

Harap-harap cemas bakal sampe tempat pas magrib, udah gelap dan ga asik bawa motornya, jadi aja sampe banjaran bener-bener tancap gas, beruntungnya jalanan ga rame. Alhasil, sekitar jam 17.30 kami sampai tempat, langsung diteriakin rombongan, markirin motor dan tanpa nunggu kita sekedar duduk dan nafas tenang, keluar parkiran yang lain udah siap-siap melingkar dan berdoa. Amazing. Dan kami pun langsung masuk barisan, doa dan go naik.

Ada pemandangan berbeda bergabung dengan kelompok ini, banyak ABG-ABG (haha, si bapak guru bawa anak-anak SMP), ditambah lagi ada si bapak bawa nak benerannya, dan ini bayi, balita tepatnya, bocah umur 3 tahun.
naik bawa anak :p
trek nanjak
Baru aja beberapa tanjakan, adzan magrib berkumandang. Dikarenakan jalan disana bener-bener full tanjakan, dan jadi aja menunda sekitar 15 menitan dari adzan magrib buat terus jalan sambil nyari tempat datar buat sholat. Dan akhirnya kami menemukan tempat datar, dan itu pun cuma muat untuk 2 shaf, dan akhirnya karena rombngannya banyak, jadi aja sholat nya jadi beberapa ronde. cukup lama istirahat disini.

Setelah ronde sholat magrib jama' isya nya beres, kami lanjutkan perjalanan. Perjalanan malam yang cukup seru, bener-bener nanjak, gelap, rombongan ibu-ibu lainnya ketinggalan cukup jauh di belakang, dan si aku sama Teh Anney ngiring barisan Pak Nurdin dan anak-anaknya didepan.

Perjalanan sekitar 2 atau 3 jam akhirnya menemukan tempat datar lagi untuk diriin tenda. Untuk akhwat, tenda yang harusnya diisi untuk 6 orang, tapi diisi dengan 11 orang, bayangkan kami yang diluar empet-empetan berlima kayak gimana. Udah mah pas bagian aku tidur ada batu ngeganjel, turunan, kaki keluar, hiyaaap. Syukurnya dinginnya ga terlalu, jadi Alhamdulillah tepat juga meninggalkan sleeping bag pinjeman Teh Ncuss di kosan aja, cukup dengan jaket sudah aman dari kedinginan. Si para ikhwan, mereka cukup dengan 2  fly sheet, 1 tenda buat si bocah 3 tahun itu, najwa namanya, ditemani bapaknya. Setelah beberes diriin tenda, atur barisan tidur, dan ngupi-ngupi, kira-kira jam 11an kami semua udah siap-siap bobo.

Oiya, ada cerita yang cukup gimana gitu. Setelah bikin tenda biasanya klo ng-camp itu kita masak-masak, nyeduh kopi-kopi dan semacamnya. Keadaannya saat itu bisa dipastikan pada kelaperan, karena kita pergi sore, ga makan karena ga bisa nyeduh-nyeduh mie instan sekalipun, karena apa? karena ga pada punya air, dan FYI, sepanjang perjalanan ini ga ditemukan sumber air. Entah orang-orang yang pada naik ini emang biasa mikirin diri sendiri atau gimana, beberapa orang ada yang bawa makan dari rumahnya masing-masing, jadilah dia makan masing-masing juga, yaaa klo udah gitu kan trus juga ga pada yang bener-bener semua bisa ngerasain bawaannya.  Karena pada bawa air yang pada ga siap gitu, Pak Wahyu sang ketua rombongan nampaknya gregetan juga dan sampe bilang “Yaudahlah ngapain kita naik ke puncak klo ga punya air”. Aku yang mendengarnya saat itu sempet kecewa luar biasa, hellooo masa iya kita udah sampe sini ga ke puncaknya? Sambung Teh Anney: “Si bapak mah emang gitu, orangnya ga akan maksain klo emang ga memungkinkan”. Laaah tapi !!! Rasanya saat itu juga pengen ngeluarin air yang dipunya walaupun itu cuma tinggal setengah botol dari botol 1,5 L yang dibawa, dan itupun untuk berdua, sama teh Anney, karena dia juga ternyata ga bawa air, cuma bawa air 500ml yang itu bahkan belum di tempat istirahat pertama pas naik aja udah abis. Heh, kesel juga sebenernya. Kayak yang baru pertama kali naik aja, yang kayak beginian ga ada prepare nya. Akhirnya keegoisan pun saat itu mau ga mau harus muncul, setengah botol itu harus tetap disimpan demi kehidupankami berdua sampe bawah nanti.

Jam 5 pagi, udah terang, kami baru kebangun, sholat shubuh, kemudian Pak Wahyu bilang “ Yang masih punya air, yang mau ikut ke puncak, siap-siap!!”. Yeees, akhirnya muncak juga. Bergegaslah kami untuk menanjak menuju puncak. Ada beberapa ibu-ibu guru dari rombongan yang ga ikut karna merasa ga yakin buat naik karna ga punya persediaan air. Klo kayak gini aselinya, perjalanan paling egois yang pernah aku jalani. Entah mengapa.


Lanjut lah cerita perjalanan.
Luar biasa, tanjakan semakin atas semakin curam, berpasir, berbatu. Disana ada tempat yang namanya batu kaca, ngelewatin batu-batu gede macam di belitung gitu, yaa ga segede dan setinggi itu juga sih. Buat foto sih oke. Perjalanan menuju puncak ditempuh kira-kira 2 jam tempuh. Sampailah kami, istirahat minum-minum, foto-foto, makan mangga tertinggi.



foto bareng balita diatas sana

wefie
 

setelah kurang lebih sejam, turun lagi menuju tenda.
wuuuuz, kami melakukan SKI PASIR.  Dahsyat, jalan merondang diatas pasir.
Sampe ke camp, istirahat bentar, minum-minum, dan lanjut turun.
 (sayang foto-foto lainnya pake kamera salah satu diantara rombongan yang sampe saat ini belum di share juga)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Autokrasi Modern

Negara ini sering disebut Negara dengan sistem satu partai atau berpartai tunggal. Negara autokrasi dalam pengertiannya secara asli atau kuno praktis dewasa ini dapat dikatakan sudah tidak ada. Negara Autokrasi dalam bentuk murni sebetulnya hanya ditemukan pada jaman kuno dan berarti bahwa didalam Negara itu Kekuasaan pemerintahnya hanya dipegang atau dijalankan oleh satu orang tunggal saja. Yang disebut autokrasi modern inipun sifatnya agak samar-samar sehingga sepintas dari segi luarnya seakan-akan demokrasi modern. Tujuan akhir Negara Autokrasi Modern adalah menghimpun kekuasaan sebesar mungkin pada tangan Negara. Auto berarti sendiri, kratos atau kratein berarti kekuasaan. Pada jaman modern seperti sekarang ini kiranya sudah tidak ada lagi Negara autokrasi yang sifatnya masih murni seperti pada jaman kuno.karena pada jaman modern Negara autokrasi tersebut disamping seorang tunggal yang memegang pemerintahan Negara itu didapati adanya sebuah badan perwakilan yang mendamping

Jempol Cinta

dapet jempol nih dari Taqi Halo Taqiiii hari ini untuk yang ke-4 kali ke dokter dan ke rumah sakit yang berbeda pertama ke Bidan Rodiah kedua ke dr.Tri Yuniarti di RS IMC ketiga ke puskesmas keempat kali ini ke BWCC dr. Nadia Shafira BWCC sedeket ini dari rumah sering juga denger orang pada periksa kandungan kesitu tapi tetep aja ga ngeh setelah kepo lebih banyak soal tempat periksa yang asik dan deket ternyata baru ngeh si BWCC ini Dokternya ga pilih-pilih sih siapa aja lah namanya yang penting dia cewek dan praktek di after office hour Alhamdulillah yaa hal-hal yang di watirin kemarin-kemarin itu sirna sudah setelah ngeliat si baby ternyata masih ada tumbuh dan bergerak Alhamdulillah malah sempet ada adegan si baby ngasih jempol segala aaaaak, haruuu pengennya udah pengen kepo jenis kelaminnya nih tapi si baby nya masih ngumpetin aja dianya ngelipet paha terus jadi nutupin selangkangan jadi ga keliatan deh bagian itunya ah gapapa, yang penting normal, s

Papandayan Ceria (1)

Kekhawatiran membuluk bulan ini nekad dihajar jalan Jkt-Garut sendirian demi papandayan yang diidamkan. Fix ngga rencana ini jadi action itu pagi sebelum sore berangkat. Watir sih, rencana dadakan buat ngisi tanggal merah di hari Jumat ini sayang banget rasanya klo dilewatin tanpa menikmati alam Indonesia ini. perlengkapan yang seadanya Jumat, 03 April 2015 Jam 13.30 dari rumah menuju Pasar Jumat mencari bus jurusan Garut dengan segala kemacetan dan muter gegara ngangkot dan Alhamdulillah langsung dapet bus nya dan langsung berangkat di jam 14.30. Ya, masih sendiri tiada yang menemani. Ooouooo~ Sampailah di terminal Guntur Garut kira-kira jam 20.30an tanpa berlama-lama ketemu tim dari Bandung yang juga belum lama sampe dan kumpul di mushola deket terminal. Ajeng, Neneng, Aza, Utis dan Kang Hilman urang Garut. Sampe, sholat dan menunggu tanpa makan malam jam 11an kami langsung naik angkot charteran menuju Cisurupan. Dari tempat nunggu tadi dapet kenala